TAMAN MINI SESUAI SELERA HATI

Image

Ada seorang teman yang bertanya mengenai desain taman. Di rumahnya tidak lagi memiliki cukup halaman depan ataupun belakang yang dapat dibuat taman. Tetapi dia sangat ingin membuat taman di dalam rumah agar suasananya menjadi lebih segar tidak menjemukan. Namun, dengan keterbatasan tersebut bagaimana taman rumah bisa diwujudkan? Tidak hanya asal membuat taman tetapi taman rumah yang  variatif, baru dan unik. Bagaimana ya?

Masalah yang dihadapi teman saya tersebut mungkin juga dihadapi oleh banyak orang saat ini, dimana ketika kita membeli rumah jarang sekali menyisakan halaman untuk taman. Seindah apapun rumah kita, memang akan terasa hampa dan menjemukan tanpa adanya sebuah taman. Kehadirannya bisa kita ciptakan sesuai hal-hal menarik yang kita suka sesuai selera hati. Apabila kita penggemar bunga, bisa diangkat untuk memperindah taman di dalam rumah dengan beraneka macam bunga. Kehadirannya bisa kita tempatkan di dalam pot-pot kecil atau vas (agar mudah dipindahtempatkan) yang disetting secara mengelompok sehingga menciptakan sebuah taman bunga aromatik karena  baunya yang harum.

Jika kita menyukai air, hadirkan kesegarannya dengan taman aquarium yang memiliki nilai keindahan alami sebuah pemandangan di dalam  air. Jadi, aquarium tidak selalu harus diisi dengan ikan. Kita juga dapat berkreasi dengan membuat taman mini di dalamnya. Atau sekedar menempatkan gentong kecil berisi air dengan pancuran di dalamnya. Tentu saja gemericik air yang menggoda menciptakan suasana relaksasi di dalam rumah.

Selain itu, apabila kita menyukai buah, kita bisa membuat Tabulampot (Tanaman buah di dalam pot). Dapat pula dipadukan dengan beberapa tanaman hias yang lain sesuai dengan selera anda.

Nah, sebelum kita menentukan bentuk taman apa yang paling cocok dibangun di rumah, kita harus melihat dulu bangunan rumahnya, karena taman juga berfungsi sebagai penyelaras bentuk arsitektur rumah dengan lingkungan sekitar. Selain konsep-konsep di atas, ada hal-hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh lupa saat merencanakan taman mini di dalam rumah ini adalah ada tidaknya sinar matahari yang masuk ke area ini, kelembaban dan sirkulasi udara, jenis material yang akan digunakan dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s