Menyusun anggaran untuk dekorasi rumah baru

Banyak orang membeli rumah baru tidak memikirkan biaya dekorasi ulang rumah. Biaya dekorasi disini bukan hanya untuk perbaikan cat dinding  untuk menghilangkan suasana kusam, tetapi lebih dari itu. Rumah dengan konstruksi baru bisa saja segar dan menarik, tetapi sering kita jumpai bentuk-bentuknya yang minimalis dan proporsi kamar yang berbeda dengan yang terdapat dalam rumah-rumah yang dibangun pada tahun 90an. Rumah baru mungkin juga memiliki ruang dapur yang terbuka dan besar, ruang makan yang kecil, bahkan menyatu dengan dapur, dan ruang tamu yang formal. Perabot dan furniture yang telah kita beli sebelumnya atau yang kita dapat dari warisan orang tua kita kadang tidak match dengan kondisi di rumah baru. Atau bahkan kita merasa membutuhkan furniture yang banyak untuk mengganti dari yang sudah kita miliki agar sesuai dengan bentuk rumah yang baru.

Demikian pula kamar tidur utama, seringkali tempat tidur yang telah kita miliki tidak sesuai dengan luasnya, dan kalaupun dipaksakan masuk akan mengurangi suasana cozy dalam kamar. Belum karpet  yang kita miliki mungkin kurang pas dengan suasana ruangan yang baru tersebut. Setelah menghabiskan uang cukup banyak untuk memperbaiki rumh baru tersebut, kita seringkali masih saja dipusingkan dengan cara mendekorasi ruangan agar terlihat dan terasa nyaman. Jika anda salah satu orang yang berada dalam kondisi tersebut, berikut tips yang harus anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli rumah baru:

1. Jendela: Banyaknya jumlah jendela akan mempengaruhi kebutuhan anda untuk membeli gordyn. Bayangkan saja jika di rumha baru tersebut memiliki jumlah jendela dua kali lebih banyak dari rumah anda sebelumnya maka anda akan merogoh kocek yang agak dalam untuk membeli tambahan gordyn, dan jika ternyata tipe gordyn yang anda miliki sudah tidak di jual lagi maka anda harus membeli lagi dengan jumlah duakali banyaknya dari sebelumnya.  Bisa saja kita mengabaikan hal ini tetapi biasanya akan menjadi pikiran kita untuk waktu yang akan datang.

2. Kondisi lantai: Jika rumah baru anda memiliki lantai yang bagus maka hal ini tidak akan mnejadi masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika lantai rumah baru kita kurang bagus sehingga harus ditutupi dengan karpet atau di pasang keramik yang lebih bagus, tentu saja untuk memasang karpet yang bagus ataupun keramik baru tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Furniture: Pertimbangkan berapa banyak orang akan menggunakan setiap kamar secara teratur dan jika ada kebutuhan untuk menjamu tamu seperti makan malam keluarga besar, pengajian, rapat RT, dsb. Untuk itu perlu dilihat kembali kebutuhan furniture  rumah baru, apakah perlu yang lebih besar atau justru perlu yang kecil saja agar mereka lebih nyaman ketika menggunaka ruangan.

4. Anggaran: Menyusun daftar sederhana mengenai segala hal yang anda bayangkan perlu untuk melengkapi rumah baru anda. Daftar tersebut meliputi kebutuhan untuk setiap ruangan. Tebtukanlah barang atau perabot yang telah anda miliki dan akan digunakan kembali bedasarkan daftar tersebut, sehingga kita akan mendapatkan daftar barang yang akan dibeli dan perkiraan jumlah biaya yang diperlukan. Sebetulnya anda tidak perlu membayangkan untuk membeli barang yang benar-benar baru. Saat ini bayak took yang menjual barang seken yng kualitasnya tidak jauh beda dengan barang baru.

5. Membebaskan diri dari layout rumah tradisional. Anda dapat mengubah ruangan yang ada dalam rumah baru anda sesuai dengan kebutuhan anda. Jika keluarga anda tidak membutuhkan ruangan makan format, misalnya, maka anda tidak perlu memaksakan diri untuk menyediakan ruangan khusus untuk makan keluarga. Jika anda dahulu tidak memandang perlu kamar untuk tamu, mungkin pada saat sekarang memandang perlu, maka anda harus melihat ruang kamar yang tersedia di rumah baru tersebut apakah cukup untuk dikurangi untuk kamar jika ada yang ingin menginap.

Demikian lima tips tentang bagaimana menyusun anggaran dekorasi ketika kita memutuskan untuk membeli rumah baru. Bagaimana menurut anda?

Diadaptasi dari artkel: http://www.networx.com/article/budgeting-to-decorate-a-new-house

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s