Cara Menghias Musholla Rumah Kita

Sebagian besar umat islam mengharuskan adanya ruang tamu, ruang duduk, ruang makan, dan banyak lagi di rumah, tapi jarang yang mengharuskan adanya  musholla sebagai tempat interkasi religius para penghuni rumah. Jika rumah kita telah ada musholla, berbagialah karena kita adalah sedikit diatara banyak umat islam yang telah memikirkan pentingnya mushola di dalam rumah. Tulisan berikut adalah tips bagi kita untuk menghias musholla rumah

Pertanyaan yang timbul dalam pikiran sebagian besar umat islam adalah “Kenapa perlu musholla khusus di rumah jika kita bisa sholat di mana saja?  Dan misalnya sudah punya mushola kenapa harus mendekorasi? Pertanyaan ini dapat memiliki beberapa jawaban. Mari kita lihat.

Mengapa perlu musholla?

Semua Muslim diwajibkan melaksanakan shalat  sehari. Ditambah aktivitas ibadah lain seperti baca Al Quran, kultum, dsb, mengambil setidaknya sebagian seperempat hari setiap hari. Tapi kita tidak mengalokasikan sebuah ruang an di rumah kita dengan dekorasi yang tepat untuk kendukung kegiatan tersebut. Dengan dekorasi yang tepat kegitan ibadah di rumah menjadi dapat lebih khusuk.

Tips untuk mendekorasi musholla dalam islam paling tidak terkait dengan ruangan dimana kita bisa dapat menempatkan aksesori berdoa seperti sajadah,  Quran dan buku-buku Islam lainnya sehingga setiap kali Kita merasa seperti berdoa, kita tidak harus menempatkan usaha ekstra dalam mengumpulkan material yang dibutuhkan. Usaha untuk emndekorasi mushola dimaksudkan untuk  untuk menghemat waktu agar dapat dicurahkan untuk beribadah dan tidak banyak terbuang untuk mempersiapkan dan mengatur peralatan ibadah dan kemudian menempatkannya lagi setelah setiap shalat atau aktivitas lain.

Shalat membutuhkan konsentrasi dan privasi. Sebuah dekorasi mushalla yang tepat akan memudahkan kita focus dan berkonsentrasi  menyembah Allah Swt. Untuk itu kita mmebutuhkan ruangan yang sedikit terisolasi , dimana tidak banyak orang yang lalu lalang atau suara yang hiruk pikuk, seperti ruang keluarga , ruang tamu, bahkan tempat tidur.

Kadang-kadang, ketika ada acara keluarga atau pengajian maka kita membuthkan tempat untuk berkumpul dengan khusus sehingga kita bisa membaca al quran dan shalat dengan khusuk bersama-sama. Untuk itu kita perlu memikirkan adanya mushalla di rumah kita..

Tips untuk dekorasi mushalla

Sekarang ketika kita telah membahas perlunya dekorasi mushallaa dalam konteks dekorasi rumah Islam, mari kita lihat bagaimana untuk mengatur dekorasi mushalla tersebut. Berikut adalah tips dekorasi rumah yang paling mudah Kita bisa mendapatkan.

Daerah yang kita butuhkan untuk musholla adalah ruangan yang sedikit terisolasi dari wilayah bising dari rumah Kita, seperti ruang keluarga atau ruang TV.

Tentukan arah kiblat sebelum merancang dekorasi ruangan doa. Ini adalah suatu keharusan sebelum merencanakan penempatan karpet atau sajadah.

Harus ada ruang atau pali tidak lokasi tempat wudhu yang dekat dengan lokasi musholla. Kita dapat menambahkan temapt duduk untuk temapt wudhu ini jika space masih memungkinkan, karena mungkin ada tamu atau anggota keluarga kita yang sudah mengalami kesulitan melaksanakan wudhu sambil menunduk, pilihan tempat duduk pun tidak perlu yang rumit, cukup mencari yang tempat duduk yang tidak bersandar. Model tersebut sudah banyak tersedia di masaran, tetapi kalau menginginka bentuk yang custom, dapat membuat sendiri.

Tempatkan karpet dalam musholla secara simetris sehingga akan memidahkan untuk dibongkar pasang jika ada pengajian atau kegiatan lainnya.. Kami menyarankan agar pemasangan karpet mulai dari dinding ke dinding dan kemudian baru menempatkan sajadah.

Tips lain dalam mendekorasi mushala kita, yaitu mengatur rak dinding  untuk menempatkan Quran dan koleksi buku-buku Islam. Letak rak tersebut dapat di dinding belakang atau samping. Atau kita dapat  meletakkan meja kicil di sudut belakang ruangan dan kemudian menggunakannya untuk meletakkan Quran dan buku-buku keislaman lainnya.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan kursi lipat kecil atau kursi tinggi, yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak dapat melaksanakan shalat dalam posisi berdiri.

Aturlah freshener ruangan sehingga kesegaran ruang dapat terjaga. Di pasar sudah mudah kita dapati barang ini dan harganyapun relative terjangkau.

Tempatkan rak sepatu untuk meletakkan sepatu tepat di samping pintu masuk mushola kita. Hal ini berlaku jika mushola berada du area dimana para tamu tidak melepas alas kaminya. Biasanya jika mushola rumah kita berada di dalam rumah maka tamu telah melepas sepatunya ketika akan memasuki rumah kita.di dalam rak sepatu tersebut berilah minimal dua pasang sandal jepit untuk mereka yang mungkin perlu ke kamar kecil.

Kita dapat mengatur untuk kaligrafi ayat-ayat Alquran sebagai hiasan dinding tetapi sebaiknya diletakkan tidak di pengimaman, karena dapat menggangu konsentrasi ketika shalat.

Demikian tips untuk mendekorasi mushola di rumah kita. Semoga bermanfaat. Artikel ini diadaptasi dari http://www.fashioncentral.pk/living-lifestyle/home-garden/story-489-how-to-decorate-your-islamic-pray-room/#.UHGO9pgmQ4I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s